Bisnis Internasional
Bisnis Internasional merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan antara Negara yang satu dengan Negara yang lain. Beberapa penyebab mengapa terjadi Bisnis Internasional :
- Kedua belah pihak (penjual dan pembeli terpisah oleh batas kenegaraan dan jarak yang cukup jauh
- Barang yang dikirim harus melalui berbagai macam prosedur misalnya melalui pabean
- Adanya perbedaan dalam halo nilai mata uang, hukum perdagangan yang berlaku, budaya, sumber daya alam dan lain sebagainya
A. Hakikat Bisnis Internasional
Adapun transaksi bisnis yang dilakukan oleh suatu negara dengan negara lainnya sering disebut sebagai bisnis internasuonal (Internasional Trade). International marketing adalah tranasaksi bisnis yang dilakukan oleh suatu perusahaan dalam suatu negara dengan perusahaan lain atau individu di negara lain.
a. Perdagangan Internasional (international trade)
merupakan transaksi antar negara yang dilakukan dengan cara tradisonal yaitu dengan cara ekspor dan impor (neraca perdagangan)
b. Pemasaran Internasional (internasional marketing)
disebut dengan bisnis internasional keadaan dimana suatu perusahaan dapat terlibat dalam suatu transaksi bisnis dengan negara lain, perusahaan lain atauapun masyarakat umum diluar negri
-Licencing
-franchising
-Management in home country by host country
- joint venturing
- multinational corporation
B. Aktivitas-aktivitas Bisnis International
Perusahaan yang memasuki bisnis internasional pada umumnya melibatkan diri secara bertahap . tahap tersebut adalah :
- Eksport insidentil
- eksport aktif
- Penjual Lisensi
- Franchising
- Pemasaran di luar negri
- Produksi dan Pemasaran di luar negri
C. Hambatan dalam memasuki Bisnis internasional
beberapa hambatannya antara lain adalah
- Batasan perdagangan dan tarif bea masuk
- Perbedaan bahasa , sosial budaya/kultural
- Kondisi politik dan hukum . perundang-undangan
- hambatan operasional
D. Dampak positif dan negatif dari bisnis internasional
Dampak positif :
- terjalin persahabatan dan hubungan kedua negara dan memungkinkan suatu negara yang terlibat, dapat mengahasilkan barang dan jasa.
- melakukan suatu spesialisasi terhadap barang-barang yang dihasilkan , meningkatkan efisiensi penggunaan barang-barang produksi
- membuka kesempatan untuk mengimpor barang
- membuka peluang bagi negara yang sedang berkembang
Dampak Negatif:
- Impor barang menjadi dominasi
- Masalah bagi petani dan produksi barang lain nya
- Ketergantungan dengan negara maju
- Terbukanya perdagangan bebas internasional
3. Peluang Bisnis Internasional di Indonesia
-Di bidang perdagangan barang, Indonesia memiliki peluang ekspor yang lebih baik mengingat kekayaan sumber daya alam dan berlimpahnya tenaga kerja yang dimiliki.
-Konsumen Indonesia yang memiliki banyak keanekaragaman dari segi culture dapat dijadikan peluang bisnis yang bagus.
-Indonesia belum terlalu banyak mempunyai produk yang mampu bersaing di pasar Internasional
Contoh Bisnis Internasional yang masuk ke Indonesia
1.DUNKIN’ DONUTS
Dunkin’Donuts pertama kali masuk ke Indonesia melalui Penanaman Modal Asing Langsungnya dengan membuka perusahaan pertamanya di Jakarta. Dunkin’ Donutssebelumnya juga telah membuka cabang-cabangnya (franchise) di berbagai negara, seperti negara-negara di Eropa. Dunkin’Donuts pada mulanya tumbuh dan berkembang di kota Boston, Amerika Serikat pada tahun 1940 (dengan nama awal Open Kettle). Kemudian perusahaan ini terus tumbuh dan berkembang hingga akhirnya pada tahun 1970,Dunkin’Donuts telah berhasil menjadi perusahaan dengan merek internasional. Kemudian pada tahun 1983 perusahaan Dunkin’Donuts dibeli oleh Domecq Sekutu (Allied Domecq)yang juga membawahi Togo’s dan Baskin Robins. Di bawah Allied Domecq, perluasan pasar Dunkin’Donuts secara internasional semakin diintensifkan. Hingga akhirnya geraiDunkin’Donuts tersebar tidak hanya di benua Amerika saja, tetapi juga meluas ke benua-benua seperti Eropa dan Asia. Di Indonesia sendiri, Dunkin’ Donuts mulai merambah pasarnya pada tahun 1985 dengan gerai pertama didirikan di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Pusat. Khusus wilayah Indonesia, master franchise Dunkin’Donuts dipegang oleh Dunkin’ Donuts Indonesia. Saat pertama kali Dunkin’Donuts membuka gerai pertamanya di Indonesia (pada tahun 1980-an), tidak ada reaksi keras dari masyarakat untuk menentang perusahaan tersebut masuk. Masyarakat cenderung menyambut positif upaya perusahaan tersebut dalam memperluas jaringan pasarnya. Mereka merasa senang atas hadirnya Dunkin’Donuts di Indonesia.
sekian dari tulisan mengenai Bisnis Internasional , semoga tulisan ini dapat bermanfaat , dan Terima kasih. :)
Sumber :
lsartika-t--fisip10.web.unair.ac.id/artikel_detail-77813-Bisnis%20Internasional-TeoriTeori%20Bisnis%20Internasional.html
http://shintiamargareta25.blogspot.co.id/2015/02/blog-post.html
http://bisnisinternas.blogspot.co.id/2012/11/rangkuman-bisnis-internasional_8.html
http://www.anneahira.com/contoh-perdagangan-internasional.htm
Tidak ada komentar:
Posting Komentar